Dialog Interaktif Halo Polisi, Terkait Penyebaran Berita Bohong (Hoax) yang di Tangani Dit Krimsus Polda Malut

malutberita.com-Ternate, Kasubdit Tindak Pidana Cyber Dit Reskrimsus Polda Malut, Kompol Zainal, S.H., hadir di PRO 1 RRI Ternate sebagai Narasumber dalam acara Dialog Interaktif Hallo Polisi, terkait dengan Penyebaran berita bohong (Hoax) yang ramai di Media Sosial saat ini. Jumat 24/04/20.

Kompol Zainal, S.H., dalam dialog interaktif Halo Polisi di RRI Pro.1 Ternate mengatakan, saat ini Dit Reskrimsus Polda Malut Melalui Subbid IV Cyber Crime tengah menangani empat kasus penyebaran berita bohog (Hoax) yang dimana ada tiga kasus yang menyangkut dengan pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi.

“Dari kempat kasus ini tidak semua terkait dengan Covid-19, ada satu kasus yang terkait dengan kebijakan pemerintah, dan keempat kasus ini semuanya masih dalam proses.” Ungkap Kompol Zainal.

Lebih lanjut Kompol Zainal menjelaskan, untuk keempat kasus yang ditangani ini masih berada di wilayah hukum Polda Malut, dan kasus tersebut ada di wilayah Kabupaten Pulau Taliabu, Kab. Halmahera Selatan (Halsel), Kab. Halmahera Utara (Halut) dan Kab. Halmahera Barat (Halbar).

Selain menganani kasus Penyebaran berita bohong (hoax0 yang disampaikan melalui medsos terkait dengan pendemi Covid-19, tim Cyber Crime Polda Maluku Utara juga tengah menangani kasus dugaan penghinaan terhadap provesi bidan yang disampaikan melalui Facebook.

“Ini jadi perhatian publik karena saat ini perawat merupakan garda terdepan yang harus dilindungi hak-haknya karena saat ini perhatian masyarakat masih pada pendemi yang merebak,”jelasnya.

Kompol Zainal menjelaskan, awal berdirinya Subdit IV di Dit Reskrimsus Polda Malut pada tahun 2019, tim Cyber menerima 42 laporan masyarakat dan ditambah kurang lebih 20 pengaduan dengan total 60 pengaduan, sementara untuk 2020 yang sudah masuk pada triwulan satu pengaduan yang diterima di Subdit IV sudah mencapai 50 pengaduan.

penyelidikan kasus Cyber berbeda dengan penganan kasus lain karena kasus Cyber merupakan tindak pidana khusus yang ditangani secara khusus. Yang harus melibatkan ahli Bahasa, ahli ITE dan ahli pidana bahkan sampai pada ahli sosiologi. untuk menilai apakah konten ini ditujukan pada kondisi masyarakat ataukah tidak, makanya ini ditangani secara khusus.

Apabila masyarakat ingin melapor terkait dengan kasus Cyber, bisa langsung melapor secara online dengan mengakses atau klik laporan Cyber Polda Malut dan selanjutnya akan muncul beberapa kolom yang harus diisi dan kolom terakhir pelapor bisa lampirkan hasil foto atau screnshot atas laporan tersebut. Dari laporan yang disampaikan secara online tersebut nantinya akan dilayani dan di sampaikan nomor penyidik.

“Laporan yang masuk itu akan kita lihat dan ditindak lanjuti, sebab karena kita aktif 24 jam.” Ujarnya.

Diakhir dialognya Kasubdit Tindak Pidana Cyber Dit Reskrimsus Polda Malut, Kompol Zainal, S.H., menghimbau Kepada masyarakat khususnya pengguna media sosial untuk selalu memanfaatkan media dengan menyampaikan hal-hal positif, dan jangan menjadi sumber masalah dengan menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya sehingga orang yang membaca ikut terpengaruh dengan apa yang disebarkan tersebut. (B.A.M)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *