Dit Res Narkoba Polda Maluku Utara Berhasil Ungkap 11 Kasus Penyalahgunaan Narkoba di Maluku Utara

malutberita.com-Ternate, Polda Maluku Utara melalui Direktorat Reserse Narkoba, berhasil mengungkap Sebelas Kasus Penyalahgunaan Narkoba Jenis Shabu, Ganja dan Gorilla. serta tigas belas tersangka dengan barang bukti Shabu ± 5,92 Gram, Ganja ± 20,84 Gram dan Gorilla ± 4,94 Gram. Rabu 05/08/20.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rojikan, S.I.K., M.H., dalam konferensi Persnya menyampaikan bahwa, tiga belas orang tersangka penyalahgunaan Narkoba ini ditangkap dalam kurun waktu satu Bulan dengan periode 19 Juni sampai 29 Juli 2020.

Dari ketiga belas tersangka yang ditangkap masing-masing berinisial ZA (30 tahun, wiraswasta, pengguna), MS (25 tahun, mahasiswa, pengedar), J (25 tahun, wiraswasta, pengedar), AAM (26 tahun, wiraswasta, pengedar), IS (20 tahun, pengangguran, pengguna), dan RK (23 tahun, pengangguran, pengguna), MIB (25 tahun, mahasiswa, pengguna), NR (21 tahun, wiraswasta, pengguna), MK (25 tahun, mahasiswa, pengedar), RSI (29 tahun, wiraswasta, pengguna), MRSA (27 tahun, wiraswasta, pengguna) I (33 tahun, wiraswasta, pengguna).

“Ketiga belas tersangka penyalahgunaan Narkoba yang berhasil diamankan oleh Dit Resnarkoba Polda Malut, empat orang diantaranya selaku pengedar narkoba di Maluku Utara, dan empat orang mahasiswa.” Kata Kabid Humas.

Lanjut Kabid Humas, para tersangka penyalahgunaan Narkoba tersebut diamankan di beberapa tempat yang berbeda. Tersangka ZA diamankan di depan delear Yamaha Kel. Bastiong Talangame Kec. Ternate Selatan dengan barang bukti Shabu 0,28 Gram, MS dan J diamankan di depan Rutan Kls II B Ternate dengan barang bukti Ganja 8,15 Gram, AAM diamankan di depan took Alfamidi Kel. Kayu Merah Kec. Ternate Selatan barang bukti Shabu 1,59 Gram, IS di amanakn di depan jasa pengiriman barang J&T Kel. Stadion Kec. Ternate Tengah barang bukti 4,94 Gram, sementara RH dan FHJ diamankan dikediaman tersangka RHK Kel. Maliaro Lingkungan Batu Anteru RT 001/RW 002 dengan barang bukti Ganja 4,04 Gram.

MIB diamankan di samping Masjid Al-Islah Kel. Salahudin dengan barang bukti Ganja 3,72 Gram, NR diamankan di depan Hotel Emeral Kel. Muhajirin dengan barang bukti Shabu 0,80 Gram, MK diamankan ditempat kerja tepatnya dalam ruang kerja dengan barang bukti Shabu 1,78 Gram, RSI di amankan di kediaman orang tuannya dengan barang bukti Ganja 4,48 Gram, MRSA diamankan dalam kamar kos-kosan Kel. Mangga dua dengan barang bukti Shabu 0,98 Gram serta I diamankan di tempat cuci mobil samping Hotel Emerald dengan barang bukti Shabu 0,49 Gram.

Atas perbuatannya para tersangka tersebut dijerat dengan pasal 111, ayat (1) pasal 114, ayat (1) pasal 112 ayat (1) pasal 132 ayat (1) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” katanya.

Sementara itu Kasubag Binops Ditresnarkoba Polda Malut, AKP Azis Ibrahim M SH mengatakan bahwa para tersangka umumnya masih pelaku. Dan satu diantaranya adalah jaringan narkotika dari dalam Lapas Jambula Ternate.

“Kita akan koordinasikan dengan pihak Lapas untuk kasus yang berkaitan dengan napi lapas. Para tersangka terancam hukuman penjara minimal 5 tahun.” tegasnya. (B.A.M)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *