Jelang lebaran Lawan Covid-19, Menwa Indonesia Santuni 100 Anak Yatim

malutberita.com-Jakarta, Menghadapi pandemi corona virus, Komando Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia (Konas Menwa) tidak berdiam diri. Lembaga yang di pimpin oleh Ariza Patria sebagai Dankonas Menwa Indonesia ini telah membentuk gugus tugas khusus lawan wabah menular ini sejak alhir Februari 2020. Gugus Tugas itu dinamakan Taskforces Menwa Indonesia Lawan Covid-19. Dan selama ini turut berkiprah melakukan upaya pencegahan dan penanganan covid-19 cukup massif hingga hari ini. Mulai dari melakukan pelatihan relawan, penyemprotan disinfektan hingga bakti sosial bagikan masker, handsanitizer, makan siang gratis dan sembako kepada para warga terdampak covid-19, terutama di beberapa titik ibukota dan sekitarnya. Berbagai aktifitas ini dilakukan secara mandiri maupun bekerjasama dengan pihak lain. Sebagai sebuah bentuk kolaborasi sosial melawan musuh bersama yang tidak terlihat ini.

Kali ini di penghujung bulan Ramadhan jelang Lebaran (Idul Fitri), Taskforces Menwa Indonesia lawan Covid-19 ini melakukan bakti sosial berupa santunan kepada Yatim-piatu. Santunan dan bantuan paket sembako itu dilaksanakan secara simbolis di Poskotis Menwa Indonesia di bilangan Blok A Kebayoran baru Jakarta selatan. Kegiatan di pimpin langsung oleh Wakil Komandan nasional resimen Mahasiswa Indonesia, Erwin H. Al-Jakartaty pada 16 – 18 Mei 2020. “Bulan Ramadhan adalah bulan berkah, dan keberkahan itu harus dirasakan semua terutama bagi anak-anak yatim-piatu terlebih disaat badai covid-19 belum usai. Santunan yang kami berikan tidak banyak tapi setidaknya meringankan beban bagi yang membutuhkan dan juga memberikan hikmah bagi anggota-anggota Menwa lainnya bahwa ditengah penderitaan ini, jangan kita tinggalkan kebaikan dan niat untuk berbagi kepada sesama. Kami sampaikan pula ucapan terimakasih kepada Pak Iwan, pak mangaraja dari PT KMU dan buhaji Welly yang turut mendukung kegiatan sosial ini, semoga dilancarkan semua usahanya,” Kata Erwin, pria ramah yang akrab di panggil wadankonas ini.

Aktifitas outdoor gugus tugas lawan covid-19 yang dibentuk Konas Menwa itu bukannya tanpa resiko, tetapi tetap harus dilakukan karena Resimen mahasiswa (menwa) harus turut serta dalam aksi Bela negara melawan covid-19 secara langsung. Sesuai dengan doktrin perjuangan korps baret ungu ini, serta kualifikasi tanggap bencana yang dimiliki organisasi kader muda bela negara ini. Karena itu, Wadankonas Menwa Indonesia Erwin H. Al-Jakartaty, Sebagai pimpinan harian operasional gusus tugas menwa ini memandang perlu untuk tetap menjaga Kesehatan dan stamina fisik para anggotanya dimasa pandemi covid-19 yang tengah merajela ini. Salah satunya adalah mengikuti rapid-test dan SWAB untuk para anggotanya beberapa waktu lalu, alhamdulillah hasil tes menunjukkan pasukan baret ungu yg menjadi satgas covid ini negatif. Hingga aktifitas sosial kader muda bela negara ini terus berlanjut.

Santunan dan paket sembako ini diberikan kepada 100 yatim-piatu yang telah terdaftar sebelumnya. Acara santunan diberikan secara simbolis kepada perwakilan yatim dan selanjutnya di berikan langsung oleh anggota Menwa yang mengantar kepada penerima. Mengingat kegiatan ini berlangsung di masa PSBB jadi harus dilakukan tanpa harus menghadirkan banyak orang.

Dalam kegiatan baksos ini Konas Menwa Indonesia melakukan kolaborasi dan bersinergi bersama beberapa pihak, seperti Iwan Kurniawan Direktur PT Kurnia Mutu Niagapratama (KMU), Mangaraja SH, Staf legal PT KMU yang juga alumni Menwa dan Hj. Welly Waloni, SH seorang Lawyer. Berbagai pihak ini bersama Taskforces Menwa Indonesia berkolaborasi turut Bersatu melawan Covid-19, terutama membantu mereka yang terdampak. Pada kesempatan serah terima bantuan yang disalurkan oleh Konas Menwa ini, Mangaraja mewakili pihak PT KMU mengatakan, “Pada dasarnya kita semua turut terdampak covid-19, namun kita bersyukur berada di pihak yang masih memiliki kepedulian, karena itu atas nama PT KMU kami mendukung kegiatan positif rekan-rekan menwa untuk tetap berbuat kepada masyarakat banyak. Dan mari bersama kita bersinergi guna menuntaskan penyebaran virus ini. Semoga pandemi yang menyusahkan banyak orang ini segera berakhir,” demikian kata Mangaraja, Staf Legal PT. KMU.

Bentuk kolaborasi sosial seperti ini semoga menjadi trend di masa mendatang dalam berbagai situasi tanggap bencana seperti mewabahnya coronavirus saat ini. Sinergi berbagai elemen anak bangsa diluar unsur pemerintahan niscaya akan turut menyemangati mereka yang terdampak dan membawa energi baru untuk bersama-sama memerangi covid-19 agar pandemic yang menyusahkan rakyat ini segera berakhir.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *