KAPOLDA MENGIKUTI UPACARA HUT POLAIRUD KE- 70 SECARA VIRTUAL

Kepolisian Perairan dan Udara sejak Menteri Dalam Negeri mengeluarkan keputusan tertanggal 14 Maret 1951 soal penetapan Polisi Perairan sebagai bagian dari Jawatan Kepolisian Negara terhitung mulai 1 Desember 1950, dan ditanggal 1 Desember 2020 ini Polairud Genap Berusia 70 Tahun.

Untuk diketahui Di awal berdirinya Polisi Perairan hanya bermodalkan sebuah kapal “Angkloeng”, dan diakhir tahun 50-an, jumlah kapal yang dimiliki bertambah hingga mencapai 35 buah. Sementara Polisi Udara hanya memiliki sebuah pesawat Cessna-180.

Dalam memperingati HUT Korps Polairud Polri yang ke-70 Tahun kali ini, Korps Polairud melaksanakanya dengan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena Ditengah Pandemi Covid-19, sehingga Pelaksanaan Upacara HUT Polairud di lakukan secara Virtual melalui Zoommeating yang di pimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis. M.Si. Selasa (1/12),

Kegiatan Upacara secara Virtual ini di ikuti oleh seluruh Polda Jajaran, termaksud Polda Maluku Utara dalam hal ini Direktorat Polairud Polda Malut yang di laksanakan di Aula Kieraha Polda Maluku Utara yang di hadiri Kapolda Malut Irjen (Pol) Risyapudin Nursin, Dir Polairud Polda Malut Kombes (Pol) RD. Djarot Agung Riadi dan 5 Perwira Dit Polairud Polda Malut, dan kegiatan yang berlangsung ini menegedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam Amanatnya, Kapolri menyampaiakan institusi kepolisian perairan dan udara merupakan organisasi yang kuat yang didukung oleh personel yang memiliki keahlian khusus serta almatsus, perlengkapan serta sarana dan prasarana pendukung yang modern, dengan kapasitas tersebut, selama tahun 2020 ini beberapa capaian keberhasilan telah diraih oleh jajaran kepolisian perairan, dimulai dari kegiatan preemtif, preventif serta penegakan hukum.

Lanjut Kapolri, Dalam bidang kegiatan preemtif beberapa inovasi dan terobosan kreatif telah dilakukan guna peningkatan pelayanan publik dan mendukung peningkatan ekonomi kerakyatan pada masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan, kegiatan tersebut berupa penanaman bibit mangrove dan tebar benih ikan yang hasilnya dirasakan oleh masyarakat sekitar. Selain itu dimasa pandemi covid-19 ini, sedangkan dalam bidang Preventif pencapaian paling membanggakan dari Polairud yaitu masuk dalam top 45 dari 2.250 peserta kopetensi pelayanan publik yang diselengarakan oleh Kemenpan-RB.

Dan dalam bidang Penegakan Hukum Polairud Mabes serta jajarannya tahun 2020 ini telah mengungkap kasus tindak pidana dilaut sebanyak 617 Kasus Menonjol diantaranya pengungkapan penyelundupan 38.500 botol Miras Ilegal berbagai merek di bangka belitung, penyeludupan tindak pidana Narkotika jenis Sabu sebanyak 7 Kg dikepualauan Riau dan Masih banyak lagi Tindak Pidana yang di Ungkap Direktorat Perairan dan Udara.

“Dengan mengusung tema “Dengan semangat promoter polairud siap mengamankan pilkada 2020 dalam rangka mendukung pembangunan nasional” diharapkan mampu mendukung pengamanan dalam pendistribusian kotak suara dan pergeseran pasukan diwilayah kepulauan yang tidak dapat dijangkau oleh transportasi darat, tingkatkan kualitas, kuantitas, lakukan terobosan kreatif dan jadilah contoh yang baik bagi keluarga, lingkungan dan institusi Polri”. Tutupnya Kapolri

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *