Pekan Depan Swab Test Bisa Dilakukan di RSUD Ternate

malutberita.com-Ternate, Guna memperpendek waktu tunggu pemeriksaan specimen pasien Covid-19 di Maluku Utara,  Pemerintah Pusat melalui Gugus Tugas Nasional telah mengirimkan 1.500 cartridge ke 15 daerah di Indonesia termasuk Kota Ternate. 

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Chasan Boesoerie Ternate, merupakan RS rujukan Covid-19 yang akan memperoleh cartridge tersebut dan dijadwalakan pekan depan sudah dapat melakukan pemeriksaan swab test.  Sabtu, 09/05/20.

“Cartridge nya sudah ada, tujuannya untuk mempercepat pemeriksaan sehingga bisa mempercepat penanganan dan kepastian seseorang terjangkit Covid-19 atau tidak,” ucap Dirut RSUD dr. Chasan Boesoerie Ternate, dr. Syamsul Bahri.

Menurutnya, mesin Tes Molekuler untuk TBC (TCM-TB) sudah bisa digunakan untuk pemeriksaan Covid-19, dan RS Chasan Boesoerie sudah punya mensin tersebut, tinggal diganti cartridge nya saja. 

“Kita bersukur sekali karna bisa lakukan swab test sendiri tanpa harus mengirim lagi ke luar daerah, sehingga para OTG, ODP dan PDP kita tidak perlu lama menunggu hasil swabnya,” jelasnya. 

Menyinggung mengenai SDM yang disediakan untuk laboratorium swab test tersebut, dr. Syamsul mengetakan tidak ada masalah dan siap dioperasikan pekan depan. 

“Kita punya dokter spesialis untuk laboratorium ada 2 orang, dan tenaga analis 19 orang,  namun yang kita tugaskan di laboraturium sebanyak 3 orang, sedangkan VTM kita masih tersedia 1.000 lebih dan itu sangat mencukupi,” tutupnya. (B.A.M)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *