Polda Maluku Utara Siapkan Dua Pertiga Personel Antisipasi Dampak Covid-19

Malutberita.com-Ternate, Kepala Kepolisian Daerah Maluku Utara, Brigjen Pol. Rikhwanto menyatakan talah menyiapkan anggota untuk menghadapi ancaman dampak konflik sosial ditengah pandemi Covid-19 yang saat ini merebak.

Hal ini diakui Kapolda Brigjen Pol. Rikhwanto sebagai tindaklanjut instruksi Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis kepada seluruh Kapolda di Indonesia termasuk di Polda Malut, Jumat 16/4/20.

Kapolda menambahkan, untuk jumlah personel yang yang disiapkan dalam menghadapi ancaman tersebut sebanyak dua pertiga pasukan yang dimiliki.

“Yang pasti personel tetap kita siapkan dan kalau kejadian seperti itu pasukan yang kita siapkan dua pertiga yang kita miliki.” Kata Kapolda

Meski begitu Kapolda mengaku, personel yang disiapkan tersebut tidak akan dipaikai jika dampak tersebut tidak terjadi di Malut. “Kalau memang tidak akan kita tidak pakai personel itu,”jelasnya.

Kapolda menegaskan, dalam situasi dan konsisi ini biasanya ada dua hal yang muncul baik itu masalah yang dihadapi seperti penyakit maupun rumor yang timbul. Didalam rumor itu termasuk masalah politik, ekonomi, sosial termasuk hoax dan sampai pada masalah ketersediaan pangan, dan itu bisa diperangi kalau permasalahan penyakit itu cepat selesai secara tuntas.

Kapolda juga menjelaskan, jika masalah ini tidak cepat diantisipasi maka ini juga akan berdampak para kerusuhan sosial ditengah masyarakat.

“Kalau ini sampai terjadi maka akan berdapak pada ekonomi, ketahanan pangan yang jika tidak diatasi bisa sampai pada sistem sosial yang runtuh, dan kalau itu sudah terjadi maka akan terjadi kerusuhan, ini yang harus diantisipasi bersama,” pungkkasnya.(B.A.M)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *