POLDA MELARANG PAWAI TAKBIR KELILING SAAT MALAM IDUL FITRI 1442 H DI MALUKU UTARA

Kepala Kepolisian Daerah Maluku Utara Irjen Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K., melalui Kabidhumas Polda Maluku Utara Kombes Pol. Adip Rojikan, S.I.K., M.H. melarang kegiatan pawai takbir keliling di wilayah Maluku Utara, Hal tersebut menyusul dikeluarkannya Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor : SE.07.Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Sholat Idul Fitri 1442 di saat Pandemi Covid-19.

“Berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama RI, Pawai Takbir keliling di Maluku Utara ditiadakan/dilarang, karena dapat menimbulkan kerumunan di masa Pandemi Covid-19”. Ujarnya

Lanjut Juru Bicara Polda Maluku Utara tersebut menyebut untuk Takbiran dapat dilaksanakan di Masjid atau Mushola dengan kapasitas terbatas. “Maksimal 10% dari kapasitas dan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19”.

Polri dalam hal ini Polda Maluku Utara dan stakeholder terkait sudah melakukan himbauan-himbauan untuk tidak melakukan pawai takbir keliling jauh-jauh hari, sehingga apabila masih kedapatan akan ditertibkan sesuai dengan peraturan yang ada.

Lebih lanjut Ia menyebut bahwa Polda Maluku Utara dan jajaran sedang melaksanakan Operasi Ketupat Kieraha Tahun 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, dengan mendirikan beberapa Pos di tempat-tempat strategis dan rawan kemacetan.

“Selain menjaga situasi tetap aman dan kondusif, Personel Ops Ketupat juga akan menertibkan apabila kedapatan masyarakat yang melanggar protokol kesehatan dan melakukan pawai takbir keliling”. Ujar Kabidhumas.

Selain larangan Pawai Takbir Keliling, Polda Maluku Utara juga menghimbau untuk seluruh masyarakat Maluku Utara tetap menjaga situasi Kamtibmas pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H dengan tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum, “mari kita sambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H dengan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan perbanyak ibadah”.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *