Sindikat Penipuan Alat Musik Gramedia Berhasil di Amankan Polres Ternate

malutberita.com-Ternate, Tersangka kasus dugaan tindak pidana penipuan berinisial FPS (28) akhirnya dibekuk oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Ternate. Tindak pidana itu dilakukan tersangka dengan mengambil barang pesanan berupa alat olahraga dan musik milik toko Gramedia cabang Ternate di jasa ekspedisi PT EMKL Idar Gemilang di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

Awalnya, barang tersebut dipesan oleh pihak Gramedia cabang Ternate sejak Januari 2020 dan dikirim menggunakan jasa ekspedisi PT EMKL Idar Gemilang di Surabaya tujuan Pelabuhan Ahmad Yani Ternate. Selasa 28/04/20

Kasat Reskrim Polres Ternate AKP Riki Arinanda mengatakan, FPS diduga menggunakan nama palsu serta mengaku sebagai karyawan Gramedia cabang Ternate sehingga meyakinkan pihak ekspedisi PT EMKL Idar Gemilang untuk memberikan barang milik Gramedia berupa alat olahraga dan musik kepada dirinya sebanyak 18 koli pada 1 April 2020 dan 12 koli pada 8 April 2020.

“Barang bukti yang ada sebanyak 12 pcs sarung gitar warna hitam berbahan kulit, 9 pcs sarung gitar warna coklat, 40 buah rolling drum stick dan 5 dos sonic SPD6 nomor seri 401024 serta 1 dos mikrofon dan beberapa barang bukti lainnya.” Kata Kasat Reskrim.

Kasat Reskrim menambahkan, berdasarkan hasil pengembangan dari keterangan tersangka, masih terdapat dua pelaku lainnya yang kini masih berada di luar wilayah, masing-masing dengan inisial D dan A. Kedua pelaku itu diketahui menyuruh FPS untuk mengambil barang milik Gramedia di pihak ekspedisi. Tak hanya itu, beberapa alat musik berupa gitar juga telah dijual oleh tersangka secara online.

Setelah menerima laporan dari pihak ekspedisi pada 19 April 2020, Satreskrim Polres Ternate hanya membutuhkan waktu dua hari melakukan penyelidikan. Alhasil, tersangka berhasil ditangkap

Atas perbuatan itu, tersangka dikenakan Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.(B.A.M)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *