TNI-POLRI MALUKU UTARA SIAP MENDUKUNG PENANGGULANGAN COVID-19 DAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo Memimpin langsung Rapat Pimpinan TNI-POLRI yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik, Sekertaris Menteri BUMN RI Susyanto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., PJU Mabes TNI dan PJU Mabes Polri serta Jajaran Kodam dan Polda Melalui Sarana Virtual.

Untuk di Polda Maluku Utara sendiri dihadiri langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah Maluku Utara Irjen Pol Risyapudin Nursin, S.I.K, Wakapolda Malut Brigjen Pol. Drs. Eko Para Setyo Siswanto, M.Si, Danrem 152 Babullah Maluku Utara Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan dan Pejabat Utama Polda dan Korem 152/Babulah. Senin (15/2)

Adapun Tema yang diangkat dalam Rapim TNI-POLRI Tahun 2021 yaitu “Dilandasi Profesionalisme Soliditas dan Sinergitas TNI-Polri siap mendukung penanggulangan paripurna Covid-19 dan pemulihan Ekonomi Nasional dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa menuju Indonesia maju”.

Presiden Republik Indonesia dalam pembekalannya menyampaikan bahwa Sinergitas dan Soliditas TNI-Polri menjadi kunci keberhasilan Penanggulangan Paripurna Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional tahun 2021 dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa menuju Indonesia Maju.

“Saya minta TNI-Polri agar tingkatkan Profesionalitas dan Sinergitas dalam menjalankan tugas-tugas kedepan yang lebih akuntabel” Ucap Persiden

Selanjutnya Panglima TNI menyampaikan bahwa Rapim TNI-Polri dengan Kata kunci dari Tema yang di angkat adalah Profesionalisme Soliditas dan Sinergitas TNI-Polri, ketiga kata kunci tersebut merupakan kunci dalam mengawal program pemerintah yaitu Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Sementara Itu Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia menyampaikan dalam Menghadapi Tantangan Keamanan Dalam Negeri guna Mendukung Penanggulangan paripurna Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Polri Melalui Program Kebijakan dan Strategi Polri (Transformasi Polri Yang Presisi) siap mendukung Penanggulangan Covid-19.

Lanjut Kapolri bahwa Upaya penanggulangan penyebaran wabah Covid-19 yang dilaksanakan oleh TNI-Polri Ialah upaya mendukung adaptasi kebiasaan baru, Operasi yustisi bersama TNI dan Satpol PP, Operasi Aman Nusa II Penanganan Covid-19.

Diakhir pembekalanya Kapolri Menekankan kepada Kasatwil segera berkoordinasi dengan Forkopimda Prov/Kab/Kota dan satgas PC masing-masing daerah untuk memetakan kriteria zonasi sampai ke tingkat RT/RW sehingga diketahui secara riil jumlah kekuatan anggota polri yang akan ditugaskan di setiap desa/kelurahan guna mendukung penguatan 3T (testing, tracing, treatment), Untuk desa atau kelurahan yang tidak ada personel bhabinkamtibmas harus ditambah personel dari polsek ataupun polres untuk mendukung 3T, Untuk menghadapi OTG agar disiapkan isolasi mandiri khusus dan diawasi secara ketat tidak ada pergerakan, Terhadap Masyarakat Sosial ekonomi rendah, lakukan pendataan secara lengkap dan lakukan intervensi pertama pemberian bansos, Lakukan edukasi secara masif baik di lapangan maupun ruang siber, bekerja sama dengan semua tokoh, toga, tomas, influencer untuk menumbuhkan kesadaran masyaraka, Tingkatkan penggunaan aplikasi peduli lindungi dan bersatu lawan covid, dan Bagi provinsi yang tidak menerapkan ppkm berbasis mikro, perkuat dan tingkatkan sosialisasi serta gakkum terhadap pelanggaran protokol kesehatan Covid-19

Sementara itu, Terpisah Kabidhumas Polda Maluku Utara menyampaikan bahwa Jajaran TNI-Polri Maluku Utara siap mendukung paripurna Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang telah dicanangkan dalam Rapim TNI-Polri kali ini.

“Polda Maluku Utara dibawah kepemimpinan Irjen Pol. Risyapudin Nursin, S.I.K. bersama-sama dengan Teman-teman TNI di Maluku Utara akan terus berupaya dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Maluku Utara”. Ujar Kabidhumas.

Tambahnya, Polda Maluku Utara dan jajaran TNI telah melaunching Lomba Kampung Tangguh, launching kawasan wajib masker , berbagi masker di tengah – tengah pasar , penyemprotan secara rutin di area publik , bakti sosial dan banyak lagi upaya yang telah dilakukan bersama pemangku kepentingan yang lain guna menekan angka penyebaran Covid-19 serta dapat memulihkan ekonomi nasional khususnya Provinsi Maluku Utara.

“TNI-Polri tentunya tidak dapat berjalan sendiri dalam Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, peran Masyarakat juga sangat di butuhkan dalam Memutus Mata Rantai Covid-19 untuk itu saya menghimbau kepada Masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan serta meningkatkan upaya terhadap pemulihan ekonomi dengan peduli terhadap sesama” Tutup Kabidhumas

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *