TNI-Polri Siap Amankan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Maluku dan Maluku Utara

malutberita.com-Ambon, Pelaksanaan Rapim TNI-Polri Wilayah Maluku dan Maluku Utara dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. yang dilaksanakan di Aula Makorem 151/Binaya Kota Ambon Dengan mengangkat Tema “Dilandasi Profesionalitas, Solidaritas dan Sinergitas TNI-Polri Siap mengamankan Pilkada Serentak 2020 diwilayah Hukum Maluku dan maluku utara serta mengawal pembangunan nasional dalam rangka menuju indonesia maju.” Selasa, 10/03/20.

Pembukaan Rapim TNI-POLRI Wilayah Maluku dan Maluku Utara Tahun 2020, dibuka secara langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI. DR. Marga Taupik dan di ikuti oleh Gubernur Maluku Irjen Pol. (purn) Drs. Murad Ismail, Kapolda Maluku Irjen. Pol. Drs. Baharudin Djafar, Kapolda Malut Brigjen Pol. Drs. Rikwanto, Danrem 152/Babullah Kolonel Inf. Endro Satoto, Kabinda Maluku, Danlantamal IX Ambon, Danlanud Pattimura Ambon, Danpurla Maluku, Kepala BNNP Maluku, Danrem 151/Binaiya, Para Pejabat Kodam XVI/PTM, Para Pejabat Utama Polda Maluku, Para Pejabat Utama Polda Maluku Utara, Para Kapolres jajaran Polda Maluku dan Maluku Utara, Para Pejabat Korem 152/Babullah, Para pejabat korem 151/Binaiya serta Peserta Rapim TNI-POLRI – + 300 Orang.

Pangdam XVI/Pattimura dalam sambutanya sekaligus Pembukaan Rapim TNI-Polri menyampaikan ucapan selamat datang kepada  Kapolda Maluku, Kapolda Maluku Utara, Danlantamal IX Ambon, Kasdam XVI/Pattimura, Wakapolda Maluku, Kabinda Maluku, Danguspurla Koarmada III, Kakamla, KA BNNP, Danlanud Pattimura Dan Seluruh Peserta Rapim. Sekaligus Mengucapkan Terima Kasih Atas Kehadirannya Dalam Rapim TNI-Polri Di Wilayah Maluku Dan Maluku Utara.

“Forum ini merupakan wujud nyata tingginya kepedulian kita bersama terhadap berbagai persoalan bangsa yang dirasakan dapat mengancam Integritas Nasional dan bangsa kita dewasa ini. Terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat ini. semoga akan semakin meningkatkan sinergitas yang sudah terjalin dengan baik selama ini (Arti Sinergitas).” Ucap Pangdam.

Pangdam juga mengatakan, bahwa Tahun 2020 ini kita akan menghadapi, mengawal dan mensukseskan pilkada serentak di Wilayah Maluku dan Maluku Utara diantaranya, Pemilihan Bupati Seram Bagian Timur, Bupati Kepulauan  Aru, Bupati Maluku Barat Daya Dan Bupati Buru Selatan Di Wilayah Maluku Utara; Diantaranya, Pemilihan Walikota Ternate, Walikota Tidore, Bupati Pulau Taliabu, Bupati Kepulauan Sula, Bupati Halmahera Utara, Bupati Halmahera Selatan, Bupati Halmahera Barat, Dan Pemilihan Bupati Halmahera Timur.

“Dalam pelaksanaan pilkada serentak tentunya ada potensi konflik dan ancaman yang dapat mengganggu stabilitas keamanan, sehingga dibutuhkan kerjasama TNI – POLRI untuk menjamin agar pesta demokrasi tersebut berjalan aman, lancar dan sukses.” Terang Pangdam.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Maluku juga mengatakan, untuk tetap menjaga komitmen TNI-Polri, untuk menjadi garda terdepan dalam memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, demi tetap tegak berdirinya negara kesatuan republik Indonesia.

“Menjaga komitmen netralitas TNI-POLRI dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020, demi terwujudnya pilkada 2020 yang aman, damai dan kondusif serta bermartabat.” Ucap Kapolda Maluku

Lanjut Kapolda Maluku, TNI-Polri dan Pemerintah harus senantiasa meningkatkan soliditas serta sinergitas dalam  bekerjasama, guna mengawal pembangunan nasional menuju indonesia maju, serta senantiasa melibatkan semua komponen masyarakat sebagai elemen yang tak terpisahkan dalam tugas dan tanggung jawab untuk menjaga serta memlihara stabilitas kamtibmas.

Sementara itu Gubernur Maluku dalam sambutannya mengatakan Rapat pimpinan TNI- POLRI yang dilaksanakan hari ini, adalah momentum Penting dan strategi, Mengingat Stabilitas keamanan di daerah ini perlu selalu terjaga dengan baik. Kuncinya ialah, Sinergitas antara TNI- Polri dan pemerintah daerah.

“Saya berharap keharmonisan dan sinergitas TNI-Polri dapat terjaga di daerah ini. Agar Sinergitas ini bisa berjalan baik, maka tiga pilar utama yang harus dijaga adalah Komonikasi, Koordinasi dan Kolaborasi, Antara Pimpinan TNI- Polri di daerah Maluku dan maluku Utara.” Harap Gubernur Maluku.

Saya berharap TNI-Polri  Wajib mewaspadai kerawanan pemilu di tingkat lokal, yang akan berlangsung nanti, Terutama Politik Identitas dan Disrupsi sosial(konflik sosial)

Netralitas TNI-Polri dalam pilkada serentak di tahun 2020 ini Juga perlu dijaga, hilangkan Ego sektoral, Serta tingkatkan kepedulian dgn mengoptimalkan deteksi dini, dan pencegahan dini  konflik sosial di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, maka kita sudah menjaga amanah dan kepercayaan masyarakat kepada TNI-Polri Sebagai Pilar Utama Bangsa ini.(B.A.M).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *