Kapolda Malut Pimpin Pembukaan Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasda Tahap I

Berita, Ternate25 Views

Kepala Kepolisian Daerah Maluku Utara Irjen Pol. Midi Siswoko, S.I.K, menghadiri acara pembukaan Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasda Tahap I Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian T.A. 2024 pada Jumat, (08/3/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kieraha Polda Malut tersebut dihadiri oleh Wakapolda Malut Brigjen Pol. Samudi, S.I.K., M.H, Irwasda Polda Malut, Pejabat Utama Polda Malut, serta para Kapolres/ta Jajaran.

Dalam sambutannya, Kapolda Malut menjelaskan pentingnya audit tahap I yang meliputi aspek perencanaan dan pengorganisasian. Ia menyatakan bahwa melakukan audit kinerja pada awal tahun merupakan langkah yang tepat untuk mengontrol rencana kegiatan setiap satuan kerja. Dengan demikian, pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

“Pelaksanaan audit kinerja kali ini dirasakan berbeda karena dilakukan selama bulan suci Ramadhan dan setelah pemeriksaan keuangan dari BPK RI. Selain melakukan tugas audit, Itwasda diharapkan mampu berperan sebagai konsultan untuk menghindari kesalahan yang merugikan organisasi”ujarnya.

Lanjutnya. Tujuan dari audit ini untuk mengetahui sejak dini potensi kekurangan atau penyimpangan dalam proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan kegiatan, dan pengelolaan anggaran. Hal ini juga bertujuan untuk mengukur tingkat kepatuhan satuan kerja terhadap aturan yang ada.

Sebagai bagian dari pemerintahan, Polri dituntut untuk mewujudkan good governance dan clean government sesuai dengan kebijakan Kapolri. Oleh karena itu, perubahan dalam pola pikir dan budaya kerja diperlukan secara menyeluruh oleh seluruh anggota Polri.

Untuk itu, Kapolda menegaskan perlunya meningkatkan pengawasan di setiap satuan kerja dan menekankan pentingnya kerjasama dengan tim audit. Tim diharapkan dapat memberikan masukan yang benar tentang situasi dan pelaksanaan tugas di satuan kerja masing-masing.

“terakhir, Irjen Pol. Midi juga berharap agar tim audit dapat bekerja maksimal untuk menemukan kekurangan dan memberikan solusi serta edukasi untuk perbaikan Polri ke depan” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *