Polri Tetap Netral dalam Pemilu 2024

Berita, Ternate91 Views

Kabidhumas Polda Malut Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil S.I.K., M.H kembali menegaskan bahwa Polri netral dan tidak akan melakukan politik praktis dalam setiap kontestasi Pemilu 2024.

“Bila terdapat anggota Polri yang melanggar akan ditindak secara tegas sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Kabid.

Lebih lanjut, Kombes Pol. Michael menjelaskan netralitas Polri diatur dalam undang-undang, peraturan pemerintah, dan diperkuat lagi dengan Surat Telegram Kapolri kepada seluruh jajarannya.

Netralitas Polri diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri Pasal 28 ayat (1) yang berbunyi “Bahwa Polri harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis.

Selain itu, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri Pasal 5 Huruf B, dalam rangka memelihara kehidupan bernegara dan bermasyarakat, anggota Polri dilarang melakukan kegiatan Politik Praktis.

Kemudian, Peraturan Polri Nomor 7 Tahun 2022 Pasal 4 Huruf H berbunyi, “Setiap Pejabat Polri dalam etika kenegaraan wajib bersifat netral dalam kehidupan politik.

Surat Telegram No : STR/246/III/OPS.1.3/2022 yang diterbitkan tanggal 22 Maret 2022 tentang Dalam Rangka Menjaga Peofesionalisme dan Netralitas Polri dalam Kehidupan Berpolitik

Dalam konteks ini, Kabidhumas menegaskan bahwa pimpinan Polri telah memberikan arahan kepada anggotanya untuk menjaga netralitas.

Polri juga melakukan sosialisasi secara intensif melalui platform media sosial agar anggotanya memahami betul batasan-batasan yang harus dijaga, termasuk dalam hal berfoto agar tidak menampilkan simbol-simbol peserta pemilu.

Upaya ini dilakukan demi memberikan jaminan keamanan dan keselamatan serta memastikan jalannya Pemilu yang aman, damai, dan berintegritas.

Kabid menekankan bahwa sanksi tegas menanti bagi anggota yang melanggar aturan tersebut, seiring dengan komitmen Polri untuk menjaga netralitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *